• Posted: 2022-06-14 21:34:09
  • By: administrator29
  • Readed: 78

Dorong Kewirausahaan Dikalangan Mahasiswa, Prodi KWU UPP Gelar Expo Technopreneur

Untuk membentuk karakter kewirausahaan dikalangan mahasiswa, Program Studi (Prodi) Kewirausahaan (KWU) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menggelar Technopreneur di Halaman Prodi Kewirausahaan UPP, Selasa (13/06/2022).

Kegiatan itu dibuka secara langsung Rektor UPP, Dr Hardianto MPd yang ditandai dengan pengguntingan pita pertanda kegiatan Expo Technopreneur telah dibuka dengan resmi. Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH CLA, Wakil Rektor II UPP, Hidayat SE MM CPHCM, Dekan Fakultas Ekonomi UPP, Arrafikur Rahman SE MM, Ka Prodi Manajemen UPP, Purwantoro SE MM.

Selain itu tampak hadir juga Dosen Prodi Kewirausahaan UPP, Nofriser SSos MM, Andi Lesmana SE MM, Putri Maurisni SE MM, Tiara Rochmawati SSos I ME, Triyani Capeg, Hadmandho SKM MBA dan dihadiri Mahasiswa/I Program Studi Kewirausahaan serta mahasiswa/I Prodi Lainnya.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, ucapan terimakasih kepada Program studi Kewirausahaan sudah memulainya meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam bentuk berwirausaha. Seorang wirausahawan tidak membutuhkan banyak persyaratan, yang penting adalah kemauan dari dalam diri sendiri.

“Mungkin menjadi wirausahawan memang tidak memerlukan banyak persyaratan tertulis, namun tetap harus ditegaskan bahwa ketika menjadi wirausahawan, artinya kita mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya kerja (mencari kerja) menjadi budaya menciptakan kerja dan lapangan kerja,” papar Hardianto.

Rektor UPP menambahkan, spirit entrepreneur harus ada di dalam diri milenial, maka sangat penting generasi muda sebagai generasi milenial, sebagai calon pemimpin bangsa harus tampil sebagai sumber daya berkualitas, untuk mengembangkan usaha agar mencapai kesuksesan kedepan dalam melangkah menuju Pentingnya Jiwa Wirausaha dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Diera revolusi industri 4.0, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreneurship generasi muda. Di samping memiliki rasa tanggungjawab sosial yang tinggi. Salah satunya, tentu dibangun melalui karkater entreprenership,” ungkapnya.

Hardianto juga sangat mengapresiasi kepada lima dosen Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi yang telah menghasilkan karya atau meluncurkan sebuah buku yang luar biasa tentang Kewirausahaan.

“Kami sangat mengapresiasi kepada 5 penulis, yakni para Dosen Tetap Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi UPP diantaranya Pak Nofriser SSos MM, Putri Maurisni SE MM, Tiara Rochmawati SSosI ME, Triyani Capeg Hadmandho SKM MBA, Andi Lesmana SE MM”  yang telah menghasilkan karya sebuah buku yang luar biasa ini,” ucapnya.

Dr Hardianto M.Pd berharap, dengan kehadiran buku ini dapat bermanfaat dan sebagai salah satu bentuk implementasi kebijakan “Merdeka Belajar” yang dicetuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menonjolkan “literasibaca” sebagai fokus pengembangan sumber daya manusia Indonesia. “Semoga karya-karya handal berikutnya akan terus lahir lewat tangan para Dosen ini dan semoga mampu memberikan edukasi kepercayaan diri untuk menulis bagi Dosen-dosen yang lain atau bagi semua lapisan masyarakat yang membaca buku ini,” harapnya.

“Kedua hal tersebut dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial. Manfaat ekonomi dalam mencapai efesiensi dan produktifitas, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakan sector ekonomi yang lain. Adapun manfaat sosial adalah menggerakkan perubahan, perilakusosial di masyarakat yang memiliki competitive advantage,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi UPP, Nofriser SSos MM mengucapkan terimaksih atas kehadiran dan dukungan penuh suport dan motivasi, masukan dalam kegiatan ini.

Nofriser mengakui bahwa tujuan Expo Technopreneur adalah memberi motivasi kepada mahasiswa lainnya dengan harapan agar mahasiswa bisa berkreasi, Inovasi, kreatif dan berkontribusi untuk pihak banyak dalam meningkatkan perekonomian baik secara personal maupun orang banyak.

“Pada intinya kegiatan ini kita lakukan bertujuan untuk pengetahuan tentang seputar hasil capaian kerja dan praktek mahasiswanya dalam artian, menampilkan hasil-hasil karyanya,” tutur Nofriser.

Ka Prodi Kewirausahaan UPP itu mengakui, bahwa kedepannya Prodi Kewirausahaan UPP akan melakukan kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Rokan Hulu. Selain itu, pada kegiatan expo tersebut, Prodi Kewirausahaan UPP juga meluncurkan sebuah buku tentang kewirausahaan.

Dalam kesempatan itu, Nofriser menyampaikan mohon pertimbangan dalam pembuatan Lab Inkubator untuk peningkatan dan penyaluran Bakat, Inovasi, kreasi dalam praktek, dan permohonan itu sangat disambut baik Rektor UPP.

Tags: