• Posted: 2022-09-14 14:49:43
  • By: administrator29
  • Readed: 63

Dispussip Rohul Terima Kunjungan Filkom Universitas Pasir Pengaraian

Dalam rangka untuk menjalin kerjasama, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Pasir Pangaraian (UPP) di Perpustakaan Daerah H Mahidin Said.


Kedatangan rombongan dari Filkom UPP itu disambut hangat oleh Kepala Dispussip Rohul, Ir H M Ruslan MSi didampingi Sekretaris Dispussip Rohul, Neli SS, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan, Sumardi SS MSi, dan Staf Hari Purnomo SKom di ruang kerja Kepala Dispussip Rohul, Selasa (13/09/2022).


Adapun rombongan dari Filkom UPP, hadir pada saat itu Dekan Filkom UPP, Hendri Maradona MKom, Ketua Program Studi (Ka Prodi) Sistem Informasi, Mi’rajul Rifqi SKom MCS, dan Dosen Filkom, Faisal.


Kepala Dispussip Rohul, Ir H M Ruslan MSi kepada Riauposting.id, Rabu (14/09/2022) mengatakan, bahwa Dispussip Rohul menyambut baik dan berterima kasih kepada UPP yang telah melakukan inisiatif untuk berkunjung serta menjalin kerjasama yang baik, semoga dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan sumber daya manusia pengelola perpustakaan, terkhusus sekolah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang berbasiskan manajemen perpustakaan menggunakan komputer yang teraplikasi.


“Semoga dengan adanya kerjasama ini di masa-masa yang akan datang setiap perpustakaan sekolah sudah berjalan sesuai dengan ilmu perpustakaan yang berteknologi serta teraplikasi secara digital,” tuturnya.


Ruslan menambahkan, hal ini sesuai dengan undang-undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan Perda nomor 5 tahun 2016 tentang kedudukan organisasi lembaga teknis daerah Dispussip Rokan Hulu serta Perbup nomor 51 tahun 2020 tentang tugas pokok dan fungsi Dispussip Rokan Hulu. Dimana Dispussip Rokan Hulu berkewajiban untuk mengembangkan dan membina perpustakaan yang ada di Kabupaten dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia perpustakaan, menumbuhkembangkan minat baca di tengah masyarakat.


“Dalam pertemuan itu juga dibicarakan perihal item-item kerjasama. Diantaranya, dalam meningkatkan sumber daya manusia secara bersama-sama melaksanakan sesuai dengan aturan dan kesepakatan bersama.


“Kemudian, kedua belah pihak sepakat untuk saling berbagi informasi atau sharing akses dalam pengembangan dan layanan informasi tentang perpustakaan terutama sekolah serta adanya kegiatan terjadwal kunjungan mahasiswa fakultas ilmu komputer ke perpustakaan daerah Rokan Hulu,” terangnya.


Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi menjelaskan, bahwa dalam pertemuan itu dimana Dekan Filkom UPP, Hendri Maradona MKom menyampaikan, bahwa kedatangan Fakultas Ilmu Komputer UPP itu datang, selain menjalin silaturahmi antara UPP dengan Dispussip Rokan Hulu juga bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam hal manajemen perpustakaan berbasis ilmu teknologi komputer bagi perpustakaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, di samping hal-hal lain yang perlu dituangkan dalam nota kerjasama tersebut.


“Dengan tujuan, dalam rangka meningkatkan kualitas pengembangan sumber daya manusia terutama dalam hal pengembangan manajemen perpustakaan yang ada di Kabupaten Hulu yang berbasiskan ilmu dan teknologi komputer secara digital,” jelas Sumardi.

Tags: