• Posted: 2022-11-16 00:00:00
  • By: administrator29
  • Readed: 94

Dies Natalis ke-8, Filkom UPP Siap Jadi Penggerak Generasi Digital Dari Rohul Untuk Indonesia

PASIRPENGARAIAN – Untuk menghadapi dunia digitalisasi saat ini dan masa yang akan datang, Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) sangat siap serta bersedia menjadi penggerak bagi generasi muda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk indonesia.


Pernyataan itu disampaikan Dekan Filkom UPP, Hendri Maradona SKom MKom pada acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer UPP yang ke-8 dengan mengusung tema “Filkom UPP Penggerak Generasi Digital Dari Rokan Hulu Untuk Indonesia”, Rabu (16/11/2022) pukul 10.00 WIB dihalaman Filkom UPP.


Tampak hadir pada Dies Natalis Filkom UPP yang ke-8 itu, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, Wakil Rektor II, Hidayat SE MM CPHCM, Dekan Filkom, Hendri Maradona SKom MKom, Kapolsek Rambah Hilir, Ipda Debi Azhar SH MH, Perwailan Dispusip Rohul, Perwakilan Diskominfo Rohul, Perwakilan Disdikpora Rohul, para Dekan dan dosen dilingkungan UPP serta mahasiswa Filkom.


Dekan Filkom UPP berharap, semoga fakultas ini menjadi salah satu fakultas yang bisa memberi kontribusi bagi UPP dan dengan komitmen yang kuat, kedepannya Filkom UPP ini akan lebih maju dan berkembang.


“Kami berharap Filkom terus diberikan support dan diberikan dukungan oleh Rektor dan seluruh civitas akademika UPP. Kami yakin dan percaya bahwa dukungan dari pada pimpinan universitas untuk mewujudkan beberapa visi kedepan kami mohon diberikan bantuan semacam bangunan atau fisik yang telah kita rencanakan,” tuturnya.


Demi mewujudkan cita-cita mahasiswa, dan dosen, kata Maradona, Rektor UPP mampu mewujudkan dan juga memperjuangkan hal itu demi kemajuan dan juga keberhasilan mahasiswa dimasa yang akan datang.


“Dengan keadaan kita hari ini, kita tidak berputus asa, sedemikian rupa kita tidak boleh berdiam diri, segenap mahasiswa dan dosen terus untuk maju dan bersama-sama untuk mengembangkan fakultas kita kedepannya,” ujarnya.


“Dihari ulang tahun ke-8 Fakultas Ilmu Komputer UPP ini, semoga seluruh mahasiswa dan dosen saling bersinergi untuk bisa manjadikan fakultas ini menjadi fakultas terbaik di Provinsi Riau bahkan di tingkat Nasional sesuai dengan tema kita yaitu Filkom UPP Penggerak Generasi Digital Dari Rokan Hulu Untuk Indonesia,” tambah Dekan Filkom.


Selain itu, sebelumnya Filkom UPP telah melakukan Laboratorium Competition yang pertama dengan kategori lomba diantaranya, Lomba Jaringan Komputer, Desain Poster, Video Pendek, dan Cerdas Cermat.


Pesertanya yang terdaftar dalam mengikuti perlombaan itu sebanyak delapan sekolah tingkat SLTA yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, masing-masing sekolah mengutus siswanya untuk mengikuti empat cabang lomba tersebut baik itu sebagai peserta dan juga siswa sebagai sporter dari masing-masing sekolah.


Pelaksanaan Laboratorium Competition itu dilaksanakan pada Selasa (15/11/2022) di Aula UPP dengan total peserta yang mengikuti semua cabang lomba tersebut sebanyak 40 siswa. Tujuan dari kegiatan itu adalah dimana Filkom harus menjadi penggerak atau stimulus untuk membangkitkan gairah teknologi di Rokan Hulu . Sebagai kampus technopreneur ataupun kampus computer itu paling berperan dalam mengembangkan teknologi informasi.


“Sehingga dengan adanya perlombaan ini kita berharap siswa-siswi semakin semangat untuk bisa belajar teknologi informasi khususnya dibidang computer dan mampu bersaing serta mampu mempersiapkan diri untuk memimpin di masa depan yang berbasis IT.


Selain dari pada itu, lanjut Maradona, kegiatan itu juga bertujuan memperkenalkan Fakultas Ilmu Komputer ke seluruh sekolah-sekolah di Rokan Hulu, bahwa Filkom UPP hadir untuk membantu dalam meningkatkan kompetensi generasi muda dibidang Ilmu Komputer.


“Dengan kemajuan teknologi kita tidak mau generasi Rokan Hulu salah arah dan menjadi penonton nantinya, maka dari itu kegaiatan ini nantinya akan kita jadikan kegiatan rutin Filkom setiap tahunnya,” ungkapnya.


Dekan Filkom mengungkapkan, salah satu bentuk support kepada pemenang, selain diberikan sertifikat, uang pembinaan dan penghargaan, Filkom UPP juga memberikan pemenang yang meraih juara I, II, dan III gratis uang masuk (Uang Pendaftaran) kuliah ke Fakultas Ilmu Komputer UPP dan tanpa tes.


“Dengan demikian, sehingga dengan ini mampu memunculkan minat siswa yang masih duduk dibangku SLTA sederajat mampu untuk melanjutkan studinya ke Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UPP.


Ditempat yang sama, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, hari ini indonesia dikenalkan dengan teknologi 4.0. Teknologi ini bearti berkaitan dengan sistem digitalisasi. Untuk menjawabnya mampu atau tidak, jika kita mampu menguasainya.


“Maka dari itu kami yakin dan percaya melalui Fakultas Ilmu Komputer UPP ini kita yakin bahwa kita mampu untuk menghadapi era teknologi 4.0 tersebut,” paparnya.


Berkaitan dengan kekurangan ruang balajar mahasiswa di Filkom, Rektor UPP menerangkan, pada Desember 2022 mendatang civitas akademika UPP akan mulai melakukan pembangunan ruang belajar sebanyak tiga ruangan untuk Filkom.


“Mari sama-sama kita berkontribusi dan bergandengan tangan untuk membawa UPP menjadi lebih baik pada masa yang akan datang. Karena memang kita tidak akan mampu melangkah lebih jauh tanpa ada kerjasama yang baik di civitas akademika UPP ini,” terang Hardianto.


“Selamat ulang tahun Fakultas Ilmu Komputer yang ke-8, meski usianya masih 8 tahun tetapi Filkom sudah banyak melakukan capaian-capaian yang telah diraih. Maka dari itu upaya kita bersama mari kita bangun Filkom dan UPP menjadi kampus kebanggaan, menjadi kampus terdepan di Riau serta di Indonesia,” ajak Rektor UPP.


Pada kegiatan Dies Natalis ke-8 ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian juga melakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor UPP yang disaksikan oleh seluruh undangan. Baik itu undangan dari Perwakilan Pemkab Rohul, Kepolisian dan dari keluarga besar civitas akademika UPP.



Tags: