• Posted: 2022-05-14 19:20:52
  • By: administrator29
  • Readed: 179

Didampingi Rektor dan Bupati Rohul, Gubernur Riau Lakukan Penghijauan di UPP

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), dan Bupati Rokan Hulu (Rohul), Sabtu (14/05/2022) pukul 15.24 WIB melakukan penghijauan di kampus Universitas Pasir Pengaraian, Kabupaten Rohul.

Penghijauan yang dilakukan itu menanam tanaman buah-buahan seperti durian, matoa, jambu dan tanaman lainnya. Selain melakukan penghijauan, Gubernur Riau bersama Bupati Rohul, Rektor UPP, Sekda Rohul, Kapolres Rohul diwakili Kasat Bhinmas dan lainnya juga melakukan peninjauan pembangunan Masjid UPP yang saat ini tengah dimulai pembangunannya.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd didampingi Wakil Rektor II UPP, Hidayat SE MM CPHCM kepada Riauposting.id menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau, Bupati Rohul dan rombongan yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan penghijauan di kampus kebanggaan masyarakat Rokan Hulu.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Pak Gubernur Riau dan Pak Bupati Rohul beserta rombongan atas waktunya dan tenaganya yang telah melakukan penghijauan di UPP yang merupakan kampus kebanggaan masyarakat Rokan Hulu,” tuturnya.

Hardianto melanjutkan, penghijauan ini sangat penting bagi kampus, tidak hanya untuk menyegarkan udara namun juga dapat memperindah pemandangan. Sehingga lingkungan kampus dapat menjadi asri, bersih, dan hijau.

“Penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Penghijauan ini dilakukan dengan melakukan penanaman pepohonan,” ujarnya.

Rektor UPP juga menambahkan, selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di tempat-tempat umum, penghijauan ini juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya, dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.

“Manfaat penghijauan tidak hanya sampai di situ. Masih banyak manfaat penghijauan yang bisa dirasakan oleh lingkungan, khususnya manusia,” papar Hardianto.



Dengan penghijauan, kata Rektor UPP, pepohonan akan bertindak sebagai penghalang angin sehingga melemahkan kecepatan angin dan mengurangi dampak dan kemampuannya untuk membawa partikel yang besar dari tanah. Akar-akar pohon yang tertanam di dalam tanah juga berguna menahan tanah untuk memastikan bahwa tanah tidak terseret air selama banjir.

“Daun dan ranting pohon juga membantu untuk mengurangi dampak tetesan air hujan di tanah sehingga dapat mencegah erosi. Dengan pohon-pohon yang ditanam, akan menahan tanah sehingga tidak mudah longsor, terutama di daerah berbukit dan pegunungan,” ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan pantauan Riauposting.id dilokasi, terlihat Gubernur Riau bersama Rektor UPP berbincang-bincang kecil terkait biaya pembangunan Masjid di UPP. Dimana dalam perbincangan itu, Gubernur Riau insyaallah akan membantu dalam proses pembangunan Masjid UPP.

Tags: