• Posted: 2021-02-24 15:51:54
  • By: administrator29
  • Readed: 77

Dari 11 Universitas di Riau, Dua Proposal Hibah Pengabdian Dosen UPP di Danai DRPM Ristek Brin 2021

PASIRPENGARAIAN – Tridharma Perguruan Tinggi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). UU Nomor 12 Tahun 2012 mewajibkan perguruan tinggi untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), UPP mewajibkan seluruh dosennya untuk menjalankan Dharma Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Untuk memfasilitasi kebutuhan dosen dalam menjalankan Dharma tersebut, LPPM memberikan pendampingan kepada setiap dosen dalam mengambil kesempatan mendapatkan pendanaan hibah proposal baikdari internal maupun eksternal.

Salah satu program hibah yang dapat di ikuti oleh setiap dosen UPP adalah dengan mengajukan proposal kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Maysarakat (DRPM) RISTEK BRIN. Program hibah ini nantinya di ikuti oleh seluruh Dosen di bawah Kemendikbud dan dilakukan seleksi untuk di danai. Pada 23 Februari 2021, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN telah mengumumkan seluruh Dosen pemenang hibah.

Jumlah proposal masuk seluruh Indonesia adalah 13.632 judul, sedangkan jumlah proposal yang di danai sebesar 472 judul. Dari sebaran jumlah proposal yang lolos, Provinsi Riau mendapatkan 22 Judul, dari 11 Universitas yang didanai tahun ini, UPP mendapatkan bagian 2 judul proposal dengan skema PKMS.

Dari dua judul Proposal tersebut dimana Dosen yang mandapatkan Hibah ini yaitu Ratri Isharyadi MPd dan Rina Ari Rohmah MPd.

Ka LPPM UPP, Dr Dedi Mardiansyah MSi, Rabu (24/2/2021) mengucapkan selamat kepada rekan-rekan Dosen yang telah mendapatkan dana hibah proposal tersebut. “Semoga dana ini dapat dimaksimalkan dalam pemberian pengabdian kepada masyarakat, sehingga masyarakat kita merasakan manfaat yang besar dari program ini,” paparnya.

Dedi juga berpesan, kepada rekan-rekan yang belum didanai, LPPM UPP akan membuka kesempatan memberikan bantuan dana melalui hibah internal pada tahun 2021 ini.

Sementara itu, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd juga mengucapkan selamat kepada Ratri Isharyadi MPd dan Rina Ari Rohmah MPd. Beliau juga menginstruksikan kepada LPPM UPP agar memaksimalkan pendampingan kepada seluruh dosen dalam menjalankan tugas di bidang penelitian dan pengabdian.

“Kami berharap di tahun 2022, Jumlah proposal yang didanai dari UPP akan terus meningkat. Kita juga meminta kepada LPPM UPP agar memaksimalkan pendampingan kepada seluruh dosen dalam menjalankan tugas di bidang penelitian dan pengabdian,” tuturnya.

Tags: